5 Tips Aman Melakukan Investasi Online bagi Pemula

  • Whatsapp
5-Tips-Aman-Melakukan-Investasi-Online-bagi-Pemula
Foto dari Canva

Kemajuan teknologi memang memberi kita banyak sekali fasilitas yang semakin bertambah praktis dan mudah diakses. Salah satunya adalah adanya platform atau fasilitas investasi online yang begitu mudah dijangkau oleh para pemula. Sesuai dengan namanya, jenis investasi ini sepenuhnya akan dilakukan secara online lewat platform atau fasilitas yang tersedia.

Tips Investasi

Sekarang investasi online juga tersedia dalam berbagai bentuk instrumen, mulai dari reksadana, emas saham, obligasi, hingga P2P lending. Jenis investasi online ini akan sangat mempermudah para investor pemula. Apalagi anak muda yang ingin segalanya lebih praktis untuk dijangkau. Berikut ini adalah 5 tips aman jika Anda ingin melakukan investasi secara online:

Read More

1. Pahami Profil Risiko

Sebelum mulai investasi, pahami dulu profil risiko yang Anda miliki. Ini merupakan prinsip penting yang harus diingat oleh para investor. Setiap orang punya profil risiko yang berbeda sehingga pilihan instrumen investasinya juga bisa berbeda. Jangan memaksakan diri untuk ikut tren investasi yang ternyata tidak sesuai dengan profil risiko pribadi.

Sangat berbahaya jika Anda melakukan investasi online berdasarkan tren yang ada saat ini. Anda mungkin melihat banyak orang berinvestasi saham dan bisa mendapat banyak keuntungan lalu tertarik. Akhirnya Anda langsung menyetorkan modal untuk instrumen investasi ini tanpa tahu bahwa jenis investasi ini cocok untuk para risk taker atau investor dengan profil risiko tinggi.

2. Tentukan Tujuan Investasi

Anda juga harus menentukan tujuan investasi terlebih dahulu sebelum mulai menyetorkan dana. Tujuan inilah yang akan membantu Anda memilih instrumen yang tepat. Setelah tahu apa tujuannya, jangka pendek atau jangka panjang maka pilihan instrumen investasi bisa disesuaikan. Jenis investasi ini akan menguntungkan jika bisa memenuhi tujuan investasi pribadi Anda.

3. Pilih Platform yang Tepat

Saat ini tersedia banyak sekali jenis platform investasi secara online. Pilihlah platform yang tepat dan aman. Pastikan platform tersebut sudah beroperasi dengan pengawasan OJK. Jangan mudah tergoda pada platform investasi abal-abal yang tidak diawasi oleh OJK sehingga punya risiko penipuan yang tinggi.

Selain itu cek dulu bagaimana sistem keamanan dari platform investasi online tersebut. Sangat disarankan untuk memilih platform yang menggunakan sistem keamanan berlapis. Ini akan membantu menjaga keamanan dana dan instrumen investasi yang Anda miliki.

4. Lakukan Monitoring

Salah satu kelebihan dari investasi secara online adalah Anda bisa bebas melakukan monitoring atau pengawasan instrumen investasi yang Anda miliki. Jika fiturnya memang memungkinkan maka cobalah untuk terus melakukan monitoring. Awasi bagaimana pergerakan dana investasi Anda. Jangan lengah agar Anda bisa terhindar dari tindak penipuan.

5. Gunakan Jaringan Pribadi

Sangat disarankan untuk mengakses platform investasi secara online ini dengan menggunakan jaringan atau koneksi internet pribadi. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada akun Anda. Pemakaian internet pribadi akan menurunkan risiko peretasan yang bisa berakibat fatal dan merugikan akun investasi milik Anda.

6. Waspadai Penipuan

Risiko penipuan dalam bidang investasi di layanan online ini memang cukup tinggi. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi Anda untuk mewaspadai tindakan penipuan tersebut. Cari tahu seperti apa modus penipuan yang umum terjadi. Siapkan diri apabila ada hal-hal mencurigakan yang mengarah pada tindak penipuan dan jangan pernah tergoda pada penawaran untung yang terlalu besar.

Investasi online sebenarnya sangat aman dan menguntungkan asalkan Anda cermat menggunakannya. Salah satu bentuk instrumen investasi yang saat ini bisa diakses online adalah peer to peer lending. Ini merupakan jenis investasi yang sangat direkomendasikan karena profitnya menjanjikan. Investor akan memberikan dana untuk dipinjam kepada pihak lain agar bisa mendapat untung besar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *