7 Jenis Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

7-Jenis-Makanan-Penambah-Darah-untuk-Ibu-Hamil
Foto dari Canva

Kekurangan darah pada ibu hamil atau anemia akan memberikan banyak efek buruk. Tubuh sang ibu jadi lemas, lesu, mudah pusing, dan tentunya kondisi ini juga akan sangat berpengaruh pada janin. Anemia bisa memberikan risiko berat bayi lahir rendah sehingga harus dicegah dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi beragam makanan penambah darah untuk ibu hamil agar bebas anemia.

Makanan Penambah Darah

Di masa kehamilan, tubuh wanita memang membutuhkan asupan gizi yang lengkap. Makanan yang bergizi akan membantu tubuh ibu dan anak tetap sehat sampai masa kelahiran tiba. Berikut ini adalah 7 jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan bisa membantu menambah sel darah merah dalam tubuh:

Read More

1. Bayam

Sayur berdaun hijau seperti bayam sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Di dalamnya juga terdapat asam folat yang sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan janin. Baik zat besi maupun asam folat sama-sama efektif untuk membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

2. Brokoli

Selain bayam, brokoli juga menjadi jenis sayuran yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Brokoli mengandung zat besi dan asam folat yang akan mendukung produksi sel darah merah. Konsumsi brokoli secara teratur akan sangat efektif mencegah kondisi anemia pada tubuh ibu hamil. Meskipun memang rasa dari brokoli biasanya sulit untuk diterima oleh ibu dalam kondisi mengandung.

3. Daging Merah

Konsumsi daging merah ketika hamil juga sangat disarankan. Daging merah merupakan salah satu jenis bahan makanan yang mengandung banyak zat gizi penting. Salah satunya adalah zat besi yang bisa mendukung proses pembuatan sel darah merah dalam tubuh. Apalagi zat besi yang dimiliki oleh daging merah jauh lebih tinggi dari zat besi pada jenis bahan makanan lainnya.

4. Telur Ayam

Beragam makanan penambah darah untuk ibu hamil sebenarnya tak sulit untuk ditemukan. Salah satu contohnya adalah telur ayam yang tersedia di berbagai tempat. Telur ayam ini juga sangat bagus untuk melengkapi asupan zat besi dan mendukung produksi sel darah merah. Terutama bagian kuning telurnya yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi.

5. Udang

Jika ibu hamil tidak memiliki alergi seafood maka konsumsi udang bisa jadi pilihan. Udang juga mengandung zat besi yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu udang juga mengandung zat gizi lain yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil juga perkembangan janin.

6. Kacang Kedelai

Pada intinya, untuk menambah darah pada ibu hamil dibutuhkan konsumsi bahan makanan tinggi protein. Salah satu contohnya adalah kacang kedelai yang mengandung protein tinggi. Kacang kedelai juga mengandung zat besi yang akan sangat membantu proses pembentukan sel darah merah berjalan lebih efektif.

7. Daun Melinjo

Mudah ditemui di lingkungan kita, daun melinjo ternyata juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Sayur daun melinjo bisa jadi salah satu menu pilihan bagi ibu hamil. Konsumsi daun melinjo ini akan membantu memperlancar produksi sel darah merah dalam tubuh.

Itulah tadi beragam makanan penambah darah untuk ibu hamil. Tentunya ibu hamil bisa menyusun variasi menu makanan sehari-hari agar tidak bosan namun kebutuhan nutrisi juga tercukupi. Selain bahan makanan yang telah disebutkan tadi, jangan lupa konsumsi juga aneka buah dengan kadar vitamin C tinggi karena bisa membantu penyerapan zat besi yang berpengaruh pada produksi sel darah merah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.