Cara Kerja Internet yang Selama Ini Membantu Aktivitas Anda

Cara-Kerja-Internet-yang-Selama-Ini-Membantu-Aktivitas-Anda

Berkat adanya perusahaan Internet Service Provider yang menyediakan internet untuk masyarakat, anda sekarang bisa saling terkoneksi dengan banyak orang tanpa harus memusingkan soal jarak. Keluarga atau kawan yang jauh dari mata bisa anda ajak berbincang layaknya sedang bertatap muka berkatnya. Namun, tahukah anda cara kerja internet yang selama ini anda pakai itu?

Cara Kerja Internet

Ada dua cara kerja internet yang perlu anda ketahui, yaitu versi simpel dan juga versi kompleksnya. Dalam artikel ini keduanya akan anda temui penjelasannya.

Read More

Cara Kerja yang Simpel

Internet bisa terhubung ke perangkat anda melalui bantuan dari kabel fiber atau telepon yang terkubur atau terpasang di tiang listrik. Kabel-kabel yang terpasang tersebut akan terkoneksi dengan perangkat dengan sebuah IP default yang tertulis 192.168.1.1.

Yang patut anda mengerti, internet itu berasal dari Internet service Protocol atau ISP. ISP nantinya akan mengirim alamat ke komputer atau perangkat yang anda miliki.

Setelah alamat IP perangkat anda dapatkan, ISP akan mengkonfigurasikan alamat agar nantinya bisa tersambung dengan server utama milik provider. Anda sebagai pengguna bisa melakukan berbagai konfigurasi seperti pembatasan kecepatan, pembatasan sinyal internet, melakukan blokir dan lain sebagainya. Seperti itulah cara kerja simpel dari internet.

Cara Kerja yang Kompleks

Dalam penjelasan yang ini, awal memang sama yaitu perangkat anda akan mendapatkan IP Address yang bisa mengkoneksikan jaringan ke ISP dengan bantuan router. Lalu, bagaimana seseorang bisa mengakses alamat seperti www?

Nantinya anda bisa mengakses alamat, misalnya www.google.com karena memiliki DNS atau Domain Name System. Dengan adanya hal ini pengguna bisa mengakses berbagai macam domain yang tersedia.

Sebenarnya, alamat domain itu tidak sesimpel www.google.com. Alamat domain google aslinya adalah deretan angka 74.125.68.105. Sangat ribet, bukan?

Nantinya, server pusat dari ISP akan menerima permintaan dari sinyal berbagai browser yang orang-orang gunakan. Dengan hal itu, anda bisa mengakses banyak hal yang diinginkan.

Ketika nantinya server dari ISP tidak mampu menampung serta menanggapi permintaan akses maka akan dialihkan ke server lain bernama host server. Setiap provider pasti memilikinya untuk menanggulangi terjadinya kesalahan atau kendala tertentu akibat hal-hal yang tidak diinginkan.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Kerja Internet Masa Kini?

Tentu saja kini internet telah banyak berkembang dan tidak lagi hanya bisa mengakses koneksi dan tersambung dengan melalui kabel fiber. Cara kerja internet yang sekarang justru bisa tersambung dengan gelombang radio. Penggunaan gelombang radio inilah yang kini kita kenal dengan sebutan WiFi.

Saat ini pun WiFi sudah banyak tersedia. Bukan lagi hanya di kantor, cafe, ataupun tempat umum lainnya. Namun sudah banyak juga tersedia di sebagian besar rumah perkotaan Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa cara kerja internet memiliki perkembangan yang luar biasa pesat. Di masa depan, kira-kira teknologi canggih apalagi yang akan kita jumpai?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.