Ibu Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat ASI Untuk Bayi

  • Whatsapp
Ibu-Wajib-Tahu-Ini-5-Manfaat-ASI-Untuk-Bayi
Foto dari Canva Pro

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber makanan bagi bayi. Bayi seharusnya mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan penuh. Ibu bisa memberikan ASI secara langsung.  Jika sang ibu harus kembali bekerja, ibu bisa memberikan ASI eksklusif melalui alat breast pump seperti Spectra. Setelah 6 bulan, bayi boleh diberikan makanan pendamping ASI (MPASI).

Kehadiran alat pompa ASI atau breast pump tentu memudahkan para ibu yang harus beraktivitas jauh dari buah hatinya. Selain itu, breast pump juga membantu para ibu yang kelebihan produksi ASI sehingga tidak terbuang sia-sia. Ibu bisa menyimpan produksi ASI-nya dalam kantong-kantong khusus ASI untuk kemudian diberikan kepada bayi ketika mereka lapar atau haus.

Read More

Pentingnya ASI untuk Bayi

Ibu seharusnya melakukan segala cara untuk memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya selama 6 bulan penuh. Setelah 6 bulan, Ibu masih memiliki tugas untuk memberikan ASI sampai si kecil berusia 2 tahun. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena ASI penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Juga, ASI menyimpan manfaat untuk buah hati Anda.

Apa saja manfaat ASI untuk bayi? Berikut ulasannya.

1. ASI memberikan nutrisi lengkap

Yang pertama, ASI memberikan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh bayi. Hal ini memungkinkan bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dan mencegahnya mengalami malnutrisi.

ASI mengandung berbagai nutrisi mulai dari air, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan beragam nutrisi lainnya. Dengan ragam kandungan tersebut, ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kelahiran sudah mencukupi kebutuhan bayi.

2. Bayi tumbuh dengan sehat dan cerdas

Yang kedua, bayi akan tumbuh dengan sehat dan cerdas. ASI mengandung asam lemak yang bagus untuk perkembangan otak. Proses perkembangan otak ini perlu ditunjang karena bayi mengalami perkembangan otak yang pesat selama 5 tahun pertama kehidupannya. Untuk itu, ibu perlu memberikan ASI untuk bayi, baik secara langsung atau melalui alat breast pump seperti Spectra.

3. Bayi terlindung dari kuman

Yang ketiga, pemberian ASI membuat bayi terlindung dari kuman. Beberapa jam setelah lahir, saluran cerna bayi dihuni oleh bakteri. Dengan memberikan ASI eksklusif, ibu turut memastikan saluran cerna bayi dihuni oleh bakteri baik yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan demikian, bati akan terlindung dari infeksi kuman dan bakteri.

4. Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat

Yang keempat, ASI berguna untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh bayi. Tidak hanya bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan organ-organ penting tubuhnya, ASI juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik daripada bayi yang tidak mendapatkan ASI.

Bayi dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat akan terlindung dari beragam penyakit yang mungkin menyerang. Orang tua tidak perlu lagi khawatir. Yang perlu dipastikan adalah asupan ASI yang cukup. Untuk memastikan bayi mendapat ASI yang cukup, Ibu bisa menggunakan alat breast pump Spectra untuk memerah ASI dan memastikan ketersediaan ASI untuk si kecil.

5. Menurunkan risiko penyakit kanker

Yang kelima, ASI mampu menurunkan risiko penyakit kanker bagi sang ibu. Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan. Meskipun sudah ada sistem pengobatannya, dibutuhkan proses yang panjang untuk menyembuhkan penyakit ini. Menyusui menurunkan risiko penyakit kanker payudara dan ovarium bagi sang Ibu.

Demikian 5 manfaat ASI untuk bayi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, Ibu tidak hanya bisa memberikan ASI secara langsung namun juga bisa memasok produksi ASI menggunakan alat breast pump seperti Spectra. MengASIhi pun jadi semakin mudah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *