Jangan Tunggu Rusak, Ayo Mulai Rawat Kendaraanmu Sendiri di Rumah

Jangan-Tunggu-Rusak-Ayo-Mulai-Rawat-Kendaraanmu-Sendiri-di-Rumah
Foto dari Canva

Memiliki kendaraan seperti mobil memerlukan perhatian lebih serta perawatan yang maksimal agar menjamin keselamatan kita saat mengendarainya. Memilih serta menggunakan asuransi kendaraan yang tepat dan terpercaya tentunya penting agar memberikan ketenangan dan jaminan bagi kita bahwa kendaraan kita terlindungi saat terjadi kerusakan. Namun tidak sepatutnya hal ini menjadikan kita malas dalam merawat kendaraan sendiri di rumah.

Berikut cara-cara merawat mobil yang bisa kamu lakukan di rumah:

Read More

1. Memanaskan mesin

Panaskan mobilmu secara rutin dan teratur satu kali dalam beberapa hari sambil memastikan bahwa kondisi mobilmu dalam keadaan baik dengan cara memperhatikan suara dan getaran yang ditimbulkan.

2. Membersihkan area mesin

Selalu cek kebersihan di area mesin mobilmu karena kondisi mesin dibawah kap belum tentu terbebas dari berbagai kotoran, benda asing, sampah maupun hal lainnya yang dapat menggangu performa dan keamanan mesin.

3. Memperhatikan kondisi bawah mobil

Pastikan bahwa kondisi di bawa mobilmu aman dan terhindar dari hal membahayakan. Hal yang mudah terjadi seperti adanya tetesan cairan berupa pelumas mesin, minyak rem, radiator, dan lain-lainya. Jika hal ini terjadi, kenali jenis cairannya dan segera periksakan mobilmu ke bengkel terpercaya.

4. Membersihkan bagian luar mobil

Tidak asing lagi bahwa mobil yang dipakir khusunya ditempat terbuka akan terpapar oleh kotoran dan debu. Cuci bagian luar mobilnya secara rutin agar tampilan mobil lebih terjaga.

5. Menjaga kebersihan bagian dalam mobil

Kurang lengkap jika hanya bagian luar mobil yang dibersihkan karena tentu bagian dalam mobil juga perlu diperhatikan. Tidak banyak dari kita yang makan dan minum di dalam mobil sehingga meninggalkan kotoran, sampah, remahan makanan, bau tidak sedap, dan sebagainya. Untuk itu, selalu jaga kebersihan bagian dalam mobil dengan menggunakan vacuum cleaner, menyemprotkan disinfektan, dan memberikan wewangian yang dapat menambah suasana hati positif ketika berkendara.

6. Pastikan bahan bakar penuh

Selalu tinggalkan mobil dalam keadaan tangki yang penuh dengan bahan bakar. Agar sewaktu-waktu jika kamu perlu melakukan perjalanan, kamu tidak harus membuang-buang waktu membeli bahan bakar

7. Pengecekan Kondisi ban

Lakukan pengecekan terhadap kondisi ban mobilmu karena hal ini berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan terutama ketika digunakan di atas permukaan jalanan yang basah seperti saat hujan. Perhatikan permukaan ban apakah sudah polos atau rata sehingga berpotensi membuat mobil tergelincir. Cek juga apakah tekanan udara di dalamnya pas serta ketebalan ban tersebut masih bagus.

Begitulah tips merawat kendaraan di rumah. Lakukan tips-tips di atas dengan rutin agar mobilmu selalu dalam kondisi yang terawat, bersih, dan aman sehingga membawa kepuasan tersendiri bagimu. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.