Langkah-Langkah Merawat Sepeda Ontel Agar Tetap Menarik

  • Whatsapp
Langkah-Langkah-Merawat-Sepeda-Ontel-Agar-Tetap-Menarik
Foto dari Canva Pro

Selama pandemi covid-19 sepeda ontel merupakan salah satu kendaraan yang dijadikan teman olah raga bagi masyarakat. Selain mudah menggunakannya, sepeda ini dapat dijadikan untuk olahraga ringan.  Tak hanya memakainya, anda juga perlu tahu cara merawat sepeda ontel agar tetap terlihat seperti baru.

Langkah-Langkah Yang Dilakukan Agar Sepeda Lama Seperti Baru

1. Menjaga Kebersihan Sepeda

Menjaga kebersihan sepeda menjadi hal yang paling utama dalam merawat sepeda. Anda bisa membersihkan sepeda dengan kuas atau kain-kain bersih yang terdapat di rumah anda. Hal ini berfungsi agar kotoran-kotoran yang menempel di sepeda anda tidak menjadi kerak yang nantinya dapat menyebabkan karatan pada sepeda.

Read More

2. Mengecek Keadaan Rem

Selain membersihkan sepeda setiap hari, anda juga harus rajin mengecek rem, agar ketika digunakan rem tidak keras dan tetap dalam keadaan aman. Tidak mengecek rem secara rutin dapat membuat rem sepeda rusak dan membuat karet rem menipis. Hal ini akan membahayakan juga jika dikendarai.

3. Beri Pelumas Atau Ili Pada Beberapa Bagian Penting

Beberapa bagian sepeda seperti tuas-tuas rem, rantai, as roda harus selalu dijaga agar tidak mudah berkarat dengan menggunakan pelumas seperti oli. Sehingga perputaran roda akan tetap optimal, dan tuas-tuas rem, as roda, dan rantai dapat berfungsi dengan baik serta membuatnya lebih bertahan lama.

4. Meminimalisir Adanya Karat

Tidak hanya bagian-bagian tertentu saja yang harus dijaga, namun merawat sepeda ontel harus secara keseluruhan. Sepeda harus dijaga dari adanya karat terutama saat hujan. Sangat disarankan jika sepeda terkena hujan dan becek untuk segera membersihkannya, serta pastikan sepeda agar kering dan bersih agar tidak mudah berkarat.

5. Perawatan Untuk Asesoris Sepeda

Untuk bagian-bagian sepeda yang memiliki aksesoris atau yang berbahan kulit seperti pada bagian sadel, dilakukan perawatan yang menghindari dari kelembaban. Hal ini bertujuan agar tidak berjamur serta menjauhkan dari terik matahari yang menyebabkan kain atau kulit sadel mengering atau retak-retak. Untuk merawat sadel, anda dapat menggunakan semir sepatu agar menjaga kelenturan bahan tersebut.

Banyak hal yang harus anda lakukan agar sepeda ontel tetap seperti baru meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk menjaganya anda harus rajin membersihkan serta memberikan pelumas seperti oli untuk di bagian-bagian yang mudah berkarat dan usahakan agar sepeda tetap dalam keadaan kering.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *