Samakah Jasa Pengiriman Ekspedisi dengan Kargo?

  • Whatsapp
Samakah-Jasa-Pengiriman-Ekspedisi-dengan-Kargo
Foto dari Canva Pro

Bisnis jasa kirim barang belakangan ini semakin berkembang seiring meningkatnya bisnis penjualan online. Mulai dari pengiriman reguler hingga satu hari sampai menjadi layanan jasa yang diberikan oleh penyedia jasa layanan pengiriman.

Saat ini dalam dua pengiriman yang familiar di Indonesia, yaitu pengiriman ekspedisi reguler dan jasa pengiriman kargo. Meski keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mengirimkan barang, tapi memiliki perbedaan yang cukup signifikan juga. Bagi Anda yang bergerak dalam bisnis online sebaiknya mengetahui perbedaan kedua jenis jasa pengiriman ini.

Read More

Perbedaan Ekspedisi dan Kargo

Bagi orang awam jasa pengiriman ekspedisi lebih dikenal sebab kebanyakan menggunakan jasa pengiriman ini. Sedangkan pengiriman kargo lebih dikenal sebagai jasa pengiriman ukuran besar. Agar lebih mengenal kedua jasa pengiriman ini, mari simak 3 perbedaan utama keduanya:

1. Dari Berat Barang yang Dikirim

Perbedaan yang paling umum dari jasa pengiriman ekspedisi dan kargo adalah dari layanan berat paket yang diterima untuk sekali pengiriman. Berat barang yang dikirimkan oleh ekspedisi adalah dalam skala kecil. Anda bisa mengirimkan barang dengan berat 1 hingga 10 kg menggunakan ekspedisi, bahkan di bawah satu kilogram pun bisa.

Berbeda dengan pengiriman kargo yang melayani pengiriman dengan muatan skala besar. Untuk pengiriman diatas 10 kilogram biasanya akan dialihkan ke pengiriman kargo. Layanan kargo bahkan bisa melayani kiriman dengan muatan hingga 100 kg beratnya.

2. Ongkos Kirim

Jasa kirim barang selalu berkaitan dengan biaya yang dikenakan untuk setiap pengiriman. Untuk biaya pengiriman menggunakan jasa ekspedisi akan dihitung per kilogram. Walaupun berat benda yang Anda kirimkan di bawah satu kg akan tetap dikenakan biaya pengiriman berat minimal (1 kg).

Namun, untuk pengiriman kargo sedikit berbeda biaya yang dikenakan bisa lebih murah dibandingkan ekspedisi. Oleh sebab itu, jenis pengiriman kargo banyak dipilih karena menawarkan biaya yang jauh lebih ringan dibanding ekspedisi.

3. Layanan yang Diberikan

Jenis layanan yang diberikan pengiriman ekspedisi maupun kargo sedikit berbeda. Untuk ekspedisi Anda bisa mendatangi cabang terdekat untuk mengirimkan paket atau meminta kurir datang menjemput paket yang akan dikirimkan. Layanan dari pintu ke pintu merupakan andalan jenis pengiriman ini.

Untuk pengiriman kargo biasanya tidak melayani penjemputan barang langsung ke rumah konsumen mereka. Kebanyakan pelanggan sendiri yang harus datang membawa barang yang akan dikirimkan ke cabang layanan kargo terdekat. Mungkin akan sedikit merepotkan bagi Anda karena barang yang dikirim berat dan ukurannya besar.

Setiap jasa pengiriman barang memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Memilih jenis layanan jasa kirim barang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila masih skala kecil sebaiknya mengambil jasa ekspedisi saja. Namun, jika kebutuhan pengiriman untuk skala besar lebih baik menggunakan jasa layanan kargo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *