Tips Olahraga yang Aman untuk Menghindari Cidera

  • Whatsapp
Tips-Olahraga-yang-Aman-untuk-Menghindari-Cidera
Foto dari Canva Photos Unlimited

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain menimbulkan semangat dalam menjalani keseharian, olahraga juga dapat menghindarkan Anda dari serangan penyakit. Aktivitas yang satu ini memang menyehatkan, namun tentunya harus dibarengi dengan tata cara yang benar. Berikut ini terdapat tips olahraga yang aman supaya Anda terhindar dari cidera dan kelelahan.

1. Siapkan Tubuh Dengan Nutrisi Sebelum Berolahraga

Kebanyakan orang akan memilih untuk berolahraga di pagi hari karena udaranya yang masih segar dan cuaca yang belum terik. Namun sebelum berolahraga tentunya jangan lupa untuk menyantap sarapan agar badan tidak menjadi lesu. Olahraga sendiri termasuk aktivitas yang menguras banyak energi, jadi sebelum melakukannya pastikan perut Anda telah terisi dengan karbohidrat, minimal dengan menyantap roti ataupun biskuit berserat. Selain itu, jangan sepelekan juga asupan cairan tubuh dengan membawa bekal air putih selama berolahraga.

Read More

2. Gunakan Pakaian yang Tepat dan Nyaman untuk Berolahraga

Dalam berolahraga keamanan adalah yang terpenting, jadi sebaiknya kesampingkan dulu penampilan yang menarik. Misalkan saja jika Anda ingin berolahraga menggunakan sepeda, tentu saja Anda harus menghindari pakaian dengan kain panjang seperti rok yang dapat beresiko membahayakan Anda. Pilihlah pakaian yang membuat Anda nyaman seperti celana panjang, tips olahraga yang aman ini sekaligus akan membuat gerakan Anda terasa ringan.

3. Selalu Lakukan Pemanasan

Pemanasan sebelum berolahraga merupakan peraturan yang umum. Dengan melakukan persiapan ini otot Anda akan menjadi lentur, dan tubuh Anda akan terbiasa sebelum melakukan aktivitas berat. Bisa dibayangkan bila melakukan olahraga tanpa pemanasan maka otot pun bisa menjadi kaku, kram, atau bahkan cidera. Kebiasaan ini pun sangat bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

4. Tidak Memaksakan Diri

Kekuatan tubuh manusia berbeda antara satu dengan lainnya, maka dari itu pahamilah seberapa besar batas Anda dalam berolahraga. Tips olahraga yang aman ini sangat bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari kelelahan. Lakukanlah olahraga secara bertahap, jika Anda merasa tubuh Anda masih kuat maka tak ada salahnya mencoba menantang diri Anda dengan menambah durasi atau kapasitasnya, Namun jika tubuh Anda sudah tidak sanggup lagi, maka beristirahatlah sebentar, lalu Anda bisa melanjutkannya lagi. Tidak perlu memaksakan diri dalam berolahraga, karena kesehatan adalah yang terpenting.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *